Keberadaan Kabupaten Pringsewu secara “De Jure” dimulai
dengan di tanda
tanganinya pengesahan Undang-undang Nomor 48 tahun 2008
pada tanggal 26 Nopember 2008. Selanjutnya pada tanggal 3 April
2009 bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Jakarta, Menteri Dalam Negeri RI
H. Mardiyanto meresmikan dimulainya Pemerintahan Kabupaten Pringsewu, sekaligus
pelantikan Penjabat Bupati Pringsewu pertama saat itu Ir. H. Masdulhaq. Guna
mendukung operasional pemerintahan kemudian pada tanggal 29 Juni 2009 dilakukan
pelantikan 75 orang Pejabat Esselon II dan III oleh Wakil Gubernur Lampung Joko
Umar Said yang kemudian disusul pelantikan Pejabat Esselon III dan IV tanggal
29 Juli 2009.
Pada awal Agustus 2009, operasional pelayanan perizinan
sudah mulai dilaksanakan dengan diawali terbitnya Peraturan Bupati Pringsewu
Nomor 06 tahun 2009 tentang Pemberlakuan Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus
secara Mutatis Mutandis di Kabupaten Pringsewu serta Keputusan Bupati Pringsewu
Nomor B/09/04/2009 tanggal 21 Agustus 2009 tentang Pembentukan Tim Perizinan
Pemerintah Kabupaten Pringsewu.
Pada saat periode awal tersebut pelaksanaan pelayanan
perizinan masih tersebar di beberapa SKPD teknis seperti IMB pada Dinas PU, Izin
Gangguan pada Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda, SIUP, TDP, TDG, IUI,
TDI masih dikelola Dinas Koperindag dan seterusnya.
Selanjutnya dengan terbitnya Peraturan Daerah Nomor 05
tahun 2010 dibentuklah Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) yang secara
efektif mulai beroperasi ditandai dengan dilakukannya Launching KP2T tanggal 7
Juni 2011. Pada saat itu, berdasarkan Peraturan Bupati Pringsewu
Nomor 12 tahun 2011, jenis perizinan yang dikelola terdiri dari 12 macam
perizinan.
Periode berikutnya dalam rangka mengantisipasi
perkembangan dan tuntutan kebutuhan pelayanan, di lakukan peningkatan status
Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu menjadi Badan Pelayanan Perizinan Terpadu
Satu Pintu dan Penanaman Modal berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu
Nomor 10 Tahun 2012. Dengan peningkatan status tersebut, jenis perizinan
yang dikelola ditambah menjadi 34 jenis berdasarkan Peraturan Bupati Pringsewu
Nomor 18 tahun 2014.
Sejak berdirinya tahun 2011 sampai dengan saat ini, Dinas
penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Pringsewu telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan
sebagai berikut :
1. Naziruddin
Kadir, SE, M.Si (bertugas sejak tanggal 16 Februari 2011 sampai
dengan 1 Juni 2012)
2. Imron
Rasyid, S.Sos., MM (bertugas sejak tanggal 1 Juni 2012 sampai dengan 10
Agustus 2012)
3. Drs.
M. Dawam, M.Si (bertugas sejak tanggal 10 Agustus 2012 sampai dengan 10
Januari 2014).
4. Budi
Heryanto, SH,MM (bertugas sejak tanggal 10 Januari 2014 sampai dengan 15
Agustus 2014).
5. Nazri, SH (bertugas sejak tanggal 15 Agustus 2014
sampai dengan 30 Desember 2016).
6. Akhmad Fadoli, S.Pd.M.Si. (bertugas sejak tanggal 1
Januari 2017 sampai dengan sekarang)
Selanjutnya dengan terbitnya Peraturan Daerah Nomor 05
tahun 2010 dibentuklah Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) yang secara
efektif mulai beroperasi ditandai dengan dilakukannya Launching KP2T tanggal 7
Juni 2011. Pada saat itu, berdasarkan Peraturan Bupati Pringsewu
Nomor 12 tahun 2011, jenis perizinan yang dikelola terdiri dari 12 macam
perizinan.
Periode berikutnya dalam rangka mengantisipasi
perkembangan dan tuntutan kebutuhan pelayanan, di lakukan peningkatan status
Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu menjadi Badan Pelayanan Perizinan Terpadu
Satu Pintu dan Penanaman Modal berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu
Nomor 10 Tahun 2012. Dengan peningkatan status tersebut, jenis perizinan
yang dikelola ditambah menjadi 34 jenis berdasarkan Peraturan Bupati Pringsewu
Nomor 18 tahun 2014.
Sejak berdirinya tahun 2011 sampai dengan saat ini, Dinas
penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Pringsewu telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan
sebagai berikut :
1. Naziruddin
Kadir, SE, M.Si (bertugas sejak tanggal 16 Februari 2011 sampai
dengan 1 Juni 2012)
2. Imron
Rasyid, S.Sos., MM (bertugas sejak tanggal 1 Juni 2012 sampai dengan 10
Agustus 2012)
3. Drs.
M. Dawam, M.Si (bertugas sejak tanggal 10 Agustus 2012 sampai dengan 10
Januari 2014).
4. Budi
Heryanto, SH,MM (bertugas sejak tanggal 10 Januari 2014 sampai dengan 15
Agustus 2014).
5. Nazri, SH (bertugas sejak tanggal 15 Agustus 2014
sampai dengan 30 Desember 2016).
6. Akhmad Fadoli, S.Pd.M.Si. (bertugas sejak tanggal 1
Januari 2017 sampai dengan sekarang)
Emoticon